11/26/2010
Pendekatan Sistem
banyak sekali pengertian dari pendekatan sistem itu sendiri, yaitu :
Sistem adalah rangkaian komponen yang saling berkaitan dan berfungsi ke arah tercapainya tujuan sistem yang telah ditetapÂkan lebih dahulu.
Sistem adalah komposisi (susunan yang serasi) dari fungsi komponennya.
Sistem adalah pengkoordinasian (pengorganisasian) seluruh komponen serta kegiatan dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan lebih dulu.
pada intinya semua pengertian dari pendekatan sistem itu sama saja.
Pengertian dan ciri-ciri sistem atau pendekatan sistem dapat dihubungkan dengan analisis kondisi fisis (misalnya: sistem tata surya, rakitan mesin), dapat dihubungkan dengan analisis biotis (misalnya: jaring-jaring ekologis, koordinasi tubuh manusia), dan dapat dihubungkan dengan analisis gejala sosial (misalnya: kehidupan ekonomis, gejala pendidikan, pola nilai hidup). Analisis sistem sosial relatif lebih rumit dibanding analisis sistem fisis dan sistem biotis; sistem sosial pada umumnya dan khususnya sistem pendidikan bersifat terbuka, yaitu suatu sistem yang mudah dipengaruhi oleh kejadian-kejadian di luar sistemnya (rentan terhadap pengaruh luar), misalnya: sistem sekolah mudah dipengaruhi oleh situasi masyaÂrakatnya (supra sistemnya). Karakter sistem pendidikan yang bersifat terbuka ini menuntut konsekuensi penyelenggaraan pendidikan sekolah yang kritis (dalam mawas diri) dan kreatif (dalam mencari alternatif pengembangan yang positif) secara berkesinambungan.
1. Adanya tujuan,
2. Adanya komponen sistem,
3. Adanya fungsi yang menjamin dinamika dan kesatuan kerja sistem,
4. Adanya interaksi antar komponen, dan
5. Adanya transformasi dan sekaligus umpan balik.
Fungsi dari setiap komponen merupakan bagian tak terpisahkan dari keseluruhan fungsi sistem.
sumber : http://blog.persimpangan.com/pengertian-dan-ciri-ciri-pendekatan-sistem/
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar